3 Cara Mudah Mengolah Sampah Untuk Di Daur Ulang

Image result for kids hands in dirtSampah memang menjadi musuh utama manusia. Akan tetapi, ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk mengolah agar sampah bisa berguna kembali. Jika ada sampah yang berserakan dan menumpuk di rumah Anda, maka dapat memicu munculnya  sarang penyakit dan bakteri jahat. Rumah yang dipenuhi sampah juga dapat memperburuk tampilan dan keindahan rumah serta menyebarkan bau tidak sedap. Cermat dalam mengelola sampah adalah salah satu cara efektif untuk membantu menjaga kesehatan serta kebersihan hunian Anda. Nah, tiga cara mudah mengolah sampah di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk melakukan daur ulang.

Pupuk Kompos Organik

Anda tentu tahu bahwa sampah dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan anorganik. Nah, sampah organik inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pupuk kompos, yaitu cara mengolah sampah yang baik. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan bak plastik atau drum bekas sebagai tempat mengolah sampah menjadi pupuk.. Setelah itu, di bagian dasarnya diberi beberapa lubang untuk mengeluarkan kelebihan air. Untuk menjaga kelembaban bagian atas dapat ditutup dengan karung goni atau anyaman bambu. Setelah itu, diamkan pupuk selama tujuh hari, atau hingga campuran tersebut menghitam dan tidak berbau sampah. Jika sudah, maka pupuk Anda sudah jadi dan siap diugunakan.

Kerajinan Tangan

Bila Anda memiliki sampaj seperti otol-botol, kaleng susu, dan sebagainya, maka jangan langsung dibuang, karena masih bisa Anda manfaatan seabgai bahan baku kerajinan tangan daur ulang. Ide ini sangat pas digunakan untuk mengolah sampah lebih baik dibandingkan langsung membuangnya. Cobalah kumpulkan barang-barang tersebut dalam satu wadah dan cobalah kreasikan barang-barang tersebut menjadi sebuah maha karya kerajinan tangan. Ada banyak ide tentunya seperti, meja dengan kaki-kaki dari botol bekas, tempat perhiasan dari botol plastik, pot tanaman dari botol plastik, boneka lucu dari sisa kain, wadah pensil dari kaleng bekas, manik-manik dari kaca bekas, dan masih ada banyak lagi. Ide mengolah sampahnya sangat menarik, kan?

Briket

Selain bisa dijadikan sebagai pupuk kompos, mengolah sampah organik ternyata juga bisa dibuat menjadi briket, penganti minyak tanah. Cara ini pernah dilakukan beberapa tahun lalu ketika harga minyak tanah melonjak naik dan pemerintah Indonesia gencar mengganti kompor minyak dengan gas. Banyak warga-warga di desa yang menggunakan briket sebagai bahan bakar mereka untuk memasak. Ide cerdas mengolah sampah ini pun sangat mudah untuk dibuat. Selain mengurangi sampah, memberikan banyak manfaat juga kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *