3 Langkah Perencanaan Dana Pensiun yang Harus Dipersiapkan Sebelum Usia 50 Tahun

perencanaan dana pensiunBagi orang yang masih berusia 30 tahunan perencanaan dana pensiun bukanlah sesuatu yang dipikirkan. Pensiun dirasa masih jauh karena usia masih muda padahal jika ingin hari tua yang aman dan menyenangkan merencakanan pensiun adalah pilihan terbaik. Mempersiapkan pensiun adalah sesuatu yang harus diprioritaskan apalagi jika Anda sudah mempunyai pasangan dan berkeluarga. Bicarakan terkait pensiun ini dengan keluarga karena ada banyak yang harus dipersiapkan. Tetapi masalah yang sering terjadi 2 dari 3 pasangan tidak pernah membicarakan tentang persiapan dana saat tua nanti. Berikut ini langkah-langkah mempersiapkan dana di hari tua sebelum usia 50 tahun.

1. Memperkirakan “Dana” yang Dibutuhkan

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi bahwa ternyata banyak pasangan yang tidak mempersiapkan soal perencanaan dana pensiun dengan matang. Cobalah untuk memikirkannya kembali karena saat pensiun nanti anak-anak Anda akan mempunyai keluarga juga dan mungkin tidak akan mengurus keuangan Anda. Karena itu Anda harus lebih fokus merencanakan pensiun.Cobalah untuk memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk masa tua nanti dari sekarang karena kemungkinan kebutuhkan Anda saat sudah bekerja dan setelah pensiun akan berbeda dan pemasukan juga berkurang walau tunjangannya banyak.

2. Memaksimalkan Dana 

Saat akan melakukan perencanaan dana pensiun maka Anda akan bekerja dengan jangka waktu yang lama. Semakin lama Anda bekerja maka ada peningkatan karir dan jabatan yang didapat dan juga peningkatan penghasilan. Saat masa produktif tersebut memiliki utang dan cicilan  adalah hal yang wajar. Dengan jabatan yang dimilki dan penggasilan yang memadai makan seiring waktu Anda akan bisa melunasi cicilan dan utang tersebut dan Anda juga bisa memaksimalkan dana hari tua nanti. Salah satu cara untuk untuk memaksimalkannya adalah dengan berinvetasi.

3. Pilih Investasi Sederhana

Ketika Anda pensiun berarti Anda ada diusia senja dimana kemampuan fisik semakin terbatas dan membuat sulit untuk melakukan banyak hal. Selain itu cara beripikir Anda pun akan berubah dari ketika berusia 20 tahunan dan menyulitkan untuk mengurus berbagai macam produk investasi. Karena itu pilihlah produk yang mudah untuk direncanakan dan yang tidak mengeluarkan banyak tenaga untuk mengelolanya. Perencanaan dana pensiun ini akan memudahkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *