3 Upaya Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Desa

Image result for petani padiSeperti yang kita ketahui bahwa hingga saat ini keseimbangan wilayah di Indonesia masih belum rata. Ketika di kota pembangunan sedang gencar-gencar dan ekonomi terus meningkat malah sebaliknya di desa jauh tertinggal dan ekonomi tidak maju dan disitu-situ saja. Sudah menjadi tugas pemerintah untuk menyimbangkan dan menyelasaikan permasalahan yang ada. Untuk hal ini, lebih baik fokus terhadap ketertinggalan desa dengan melakukan pemberdayaan desa. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk pemberdayaan desa.

Mengoptimalkan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal

Untuk meningkatkan pemberdayaan desa yang tertinggal bisa dengan melakukan tahapan pembangungan dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pemanfaatan dan pemeliharaan. Dilakukan dengan stimulant dan simultan, dengan melakukan pendekatan secara partisipatif melalui kelompok masyarakat. Salah satu caranya yaitu melakukan program pendidikan sepertin membuka pendidikan untuk anak usia dini (PAUD), SD, SMP, hingga SMA yang wajib untuk semua masyarakat. Diberlakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang tinggal di desa, pengetahuan ini sebagai dasar dan bekal untuk tahapan-tahapan berikutnya.

Mendorong Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Desa Tertinggal

Setelah mendapat pengetahuan yang cukup, langkah kedua dalam pemberdayaan desa adalah meningkatkan ekonomi masyarakatnya agar masyarakatnya lebih berdaya, lebih mandiri, dan memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan lebih mempunyai inovasi dalam berbagai aspek. Pemberdayaan ini diperlukan dalam rangka meningkatkan aktivitas dan kemajuan perkonomian, memperluas lapangan pekerjaan, dan kesempatan untuk berwirausaha untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Mendorong Pemberdayaan Masyarakat DalamPembangunan Infrastruktur Wilayah di Desa Tertinggal

Untuk hal ini, pemberdayaan desa meliputi pembangunan indrastruktur untuk meningkatkan dan membuka akses-akses jalan ke desa-desa yang masih terisolir dan susah untuk dilalui, sarana komunikasi yang memadai, energi listrik yang memadai, bahan bakar, air bersih yang mudah untuk didapatkan, pembangunan pendidikan, pemberian sarana kesehatan seperti klinik, puskesmas, rumah sakit, dokter yang siap siaga sampai dengan bidan, dan sarana tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Semua pembangunan ini dibutuhkan untuk kemudahan masyarakat desa mengakses banyak hal yang berhubungan dengan kegiatan sehari-harinya dan memudahkan masyarakat menjalani berbagai aktivitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *