4 Cara Cerdas Memanfaatkan Tunjangan Pensiun

tunjangan pensiunKetika waktu pensiun Anda tiba, uang gaji yang biasa Anda terima perbulannya akan digantikan dengan tunjangan pensiun yang jauh lebih kecil dari gaji Anda saat bekerja. Disaat seperti itulahlah Anda harus putar otak mencari cara untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak orang menggunakan uang tunjangan ini untuk bersenang-senang diakhir tua dan tanpa sadar uangnya habis begitu saja. Padahal ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan dan tunjangan ini agar uangnya terus berputar dan bertambah. Berikut cara cerdas memanfaatkan tunjangan!

1. Investasi

Karena tunjangan pensiun selalu menggiurkan, Anda juga harus bisa memanfaatkan dana pensiun yang didapat agar uangnya bisa diinvestasikan dan bertambah. Sisihkanlah uang yang diterima setidaknya 15% saja untuk mendirikan sebuah usaha untuk investasi. Laju inflasi investasi bisa melebihi tabungan atau deposito. berinvestasi adalah cara agar uang tidak habis dengan begitu saja dan agar terhindar dari foya-foya. Pilihlah jenis investasi yang tepat, misalnya investasi emas, reksadana, atau tanah.

2. Turunkan Gaya Hidup

Hal terpenting ketika sudah pensiun adalah menurunkan gaya hidup yang sebelumnya suka berfoya-foya karena pendapatan Anda sudah menurun dari sebelumnya. Kelolalah dengan baik tunjangan pensiun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk ditabung. Jika Anda tidak mengelolanya dengan benar, mungkin saja tidak akan dapat memenuhi kebutuhan dalam sebulan kedepan.

3. Menabung

Tunjangan pensiun dalam bentuk tunai sangatlah beresiko karena Anda akan mudah tergoda untuk menggunakannya. Sebaiknya hindari tunjangan dengan bentuk tunai karena tanpa disadari akan cepat habis digunakan. Lebih baik uangnya disimpan dalam tabungan atau deposito saja karena sangat aman karena Anda tidak bisa leluasa mengambilnya. Lagi pula uang yang ditabung atau didepositokan perkembangannya tidak terlalu signifikan.

4. Membuat Usaha Sendiri

Selain poin-poin diatas, cara lainnya untuk memanfaatkan dana tunjangan adalah dengann membuat sebuah usaha. Cara ini adalah cara yang tepat untuk memaksimalkan tunjangan pensiun yang diterima. Anda bisa mengalokasikan dana sekitar 20% dari total yang diperoleh untuk mendirikan usaha. Dirikanlah sebuah usaha yang sedang tren atau yang selalu dibutuhkan oleh semua orang seperti bisnis kuliner dan bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *