4 Destinasi Kuliner Paling Favorit di Indonesia

destinasi kulinerIndonesia telah memiliki empat destinasi kuliner yang telah dipilih oleh Menteri pariwisata, Arief Yahya. Meskipun belum diresmikan sebagai kota kuliner, kota-kota ini sudah membuktikan bahwa mereka memang layak dijuluki sebagai destinasi wisata kuliner khas Indonesia. Bagi Anda yang mencintai kuliner, khususnya kuliner tradisional Indonesia, ada baiknya bila Anda mengunjungi kota-kota di bawah ini.

1. Bali

Selain dikenal sebagai tujuan wisata terbanyak di Indonesia, Bali juga berhasil mendapatkan julukan sebagai destinasi kuliner terbaik. Pulau Dewata ini memiliki beragam makanan legendaris yang mampu membuat Anda meneteskan air liur begitu melihatnya. Beberapa makanan Bali yang paling terkenal adalah Nasi Ayam Kedawatan Ibu Mangku, Bebek Bengil, hingga Sanur Night Market. Cita rasa masakannya yang unik dan harganya yang ramah di kantong, membuat para pecinta kuliner tidak bosan untuk mengunjungi pulau ini.

2. Solo

Kenikmatan Srabi Notosuman dan Selat Solo Mbak Lies mungkin menjadi salah satu faktor pendorong yang membuat Solo menjadi destinasi kuliner nusantara terbaik. Selain makanannya enak-enak, harganya yang terjangkau membuat turis gemar mencicipi berbagai makanan yang ada di kota ini. Bila Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mecicipi kuliner khasnya, ya. Jika tidak, maka Anda belum sah datang ke kota Solo.

3. Yogyakarta

Anda mungkin tidak heran jika kota Yogyakarta masuk ke daftar destinasi kuliner Indonesia, karena Anda akan selalu menemukan tempat makan enak, baik makanan tradisional maupun moderen, di setiap sudut kota budaya ini. Bahkan, untuk mencicipi semua kelezatan makanan ini, Anda harus meluangkan waktu seharian penuh. Angkringan di sepanjang jalan Malioboro, The House of Raminten, Gudeg Yu Djum, hingga Sate Klatak Pak Pong menjadi beberapa daftar makanan yang wajib Anda cicipi.

4. Semarang

Sebagai warga Indonesia, khususnya yang ada di pulau Jawa, mungin tahu bahwa Semarang memiliki banyak pilihan makanan legendaris lezat yang masih bisa dinikmati hingga saat ini. Sebut saja tahu gimbal, lumpua, bandeng presto, hingga nasi gandul menjadi beberapa ikon makanan khas kota ini. Anda bisa memasukan kota destinasi kuliner ini sebagai destinasi luar kota Anda selanjutnya, apabila Anda merupakan penggemar kuliner seperi bapak Bondan Winarno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *