4 Jenis Asuransi Pensiun untuk Perencanaan Masa Tua

asuransi pensiunAsuransi adalah suatu produk untuk memproteksi diri dari berbagai macam masalah yang dihadapi. Salah satunya adalah masalah keuangan yang selalu menjadi masalah semua orang. Salah satu dari kegunaan asuransi adalah untuk mengatur dan merencanakan tentang dana pensiun di masa tua mendatang. Bagi Anda yang ingin mempersiapkannya sejak awal, Anda bisa menggunakan asuransi pensiun sebagai bantuan. Dengan menggunakan asuransi pensiun, dana bisa dialokasikan dengan baik dan terencana. Berikut beberapa contoh asuransi yang bisa digunakan untuk perencanaan pensiun.

1. Asuransi Jiwa

Salah satu produk asuransi ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Asuransi jiwa bisa membantu dalam perencanaan dana untuk pensiun nanti. Jenis dari asuransi pensiun adalah untuk membantu jika suatu saat Anda terkena musibah, misal kematian, kecelakaan, kecacatan yang bisa merugikan Anda dan keluarga. Setidaknya dengan menggunakan asuransi jenis ini keluarga bisa tetap memenuhi kebutuhan sampai usia lanjut walau kepala keluarga meninggal atau tidak bisa lagi mencari penghasilan karena sakit atau kecelakaan.

2. Asuransi Anuitas

Mungkin bagi beberapa dari Anda masih terasa asing mendengar asuransi yang satu ini. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan bayaran secara berskala sebagai imbalan dari premi yang telah dibayarkan. Mudahnya adalah kita dapat menerima uang per bulannya dari perusahaan asuransi sebagai biaya hidup sehari-hari. Asuransi pensiun jenis ini adalah yang paling banyak digunakan untuk merencanakan keuangan.

3. Asuransi Kesehatan

Merupakan asuransi yang paling sering didengar dan yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya ketika seseorang masuk ke dalam masa pensiun gaji yang diterima akan menurun tetapi tunjangan kesehatan seperti periksa ke dokter, konsumsi vitamin, check up, dll akan lebih meningkat. Asuransi pensiun ini bisa membantu Anda untuk membiayai pengobatan di dokter.

4. Asuransi Dwiguna

Salah satu dari jenis asuransi pensiun ini memiliki fungsi dan manfaat ganda sebagai asuransi dan juga sebagai tabungan. Bisa juga digunakan untuk merencanakan perencanaan pensiun nanti karena Anda bisa mengatur dari segi waktu untuk rencana tanggungan asuransi berserta tabungan supaya pas dan sesuai dengan pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *