4 Kudapan Kalimantan Yang Wajib Anda Coba

kudapan kalimantanMenjadi pulau paling besar di Indonesia, kalimantan memiliki ragam kuliner yang begitu beragam dan tidak akan mengecewakan Anda saat mencicipinya. Setiap daerahnya pun memiliki kudapan khasnya tersendiri. Bila Anda penasaran dengan apa saja kudapan Kalimantan yang wajib Anda cicipi, yuk segera baca artikel ini sampai dengan selesai.

1. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan berasal dari Kandangan, Kalimantan Selatan. Rasanya yang begitu otentik mengudang orang untuk segera mencicipinya. Biasanya, kudapan ketupan di santap dengan ayam atau daging, tetapi berbeda dengan makanan yang satu ini. Ketupat Kandangan dimakan bersama sayur ikan gabus yang penuh dengan protein tinggi. Sebelum kudapan Kalimantan ini di masak bersama, ikan gabus terlebih dahulu di panggang hingga kering, setelah itu dimasak dengan kuah santan dengan ragam bumbu khas Kalimantan.

2. Manday

Bila kota Yogyakarta memiliki gudeg sebagai olahan buah Nangka, maka tanah Kalimantan memiliki sajian khasnya yang terbuat dari buah yang mirip dengan nangka, yaitu Cempedak. Jangan salah sangka, Mandai atau Manday bukan terbuat dari daging Cempedak, melainkan dari irisan kulit buahnya. Untuk membuatnya, kulit Cempedak diasinkan selama beberapa hari, setelah itu digoreng hingga kering bila ingin disantap bersama kudapan Kalimantan lainnya.

3. Nasi Bekepor

Ternyata, bukan hanya pulau Jawa dan Sumatera saja yang terkenal dengan raja-raja terdahulunya, Kalimantan pun juga memiliki kerajaan pada masa itu. Salah satu peninggalan kerajaan Kalimantan yang bisa dirasakan hingga saat ini adalah Nasi Bekepor, sajian khas Raja Kalimantan. Sebenarnya, nasi ini hampir sama dengan Nasi Liwet khas Solo yang penuh dengan rasa santan. Bedanya, Nasi Bekepor dimakan bersama dnegan daging masak bumi hangus, sementara Nasi Liwet dimakan bersama dengan ayam goreng. Untuk Anda yang merupakan pecinta kuliner tradisional, sepertinya harus mencicipi kudapan Kalimantan satu ini.

4. Juhu Umbut Sawit

Bila Anda menantikan sayur khas Kalimantan, makan Anda bisa mencicipi Juhu Umbu Sawit. Kudapan Kalimantan ini terbuat dari umbut atau pohon kelapa yang masih tunas atau baru tumbuh. Sepertinya, di daerah lain pun Anda tidak mungkin menemukan kudapan yang sama dengan sayur yang satu ini. Sayur ini biasanya dimasak bersama dengan santan dan bumbu yang mirip dengan gulai khas Padang. Untuk mencicipinya, Anda bisa membelinya di warung makan Kalimantan atau mendatangi acara pernikahan adat khas pulau ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *