4 Makanan Khas Betawi Paling Popular di Indonesia

makanan khas betawiSebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam budaya yang berasal dari setiap sudut pulau-pulau yang ada di nusantara, termasuk makanan. Dari sekian banyak makanan tradisional yang ada, makanan khas Betawi memiliki tempatnya sendiri di hati masyarakat Indonesia. Suku yang menetap di Jakarta ini memiliki banyak makanan kebanggaan yang tidak kalah nikmat dengan makanan lain. Berikut beberapa makanan suku Betawi paling popular di Indonesia.

1. Soto Betawi

Indonesia memiliki beragam macam masakan soto dari berbagai daerah, salah satunya adalah Soto Betawi. Salah satu kuliner Betawi ini menggunakan santan sebagai kuah dengan isian daging sap, paru, urat, tomat, serta kentang. Menu ini paling nikmat disantap dengan nasi putih atau nasi uduk hangat yang ditaburi dengan bawang goreng. Kuahnya yang kental membuat Soto Betawi terasa sangat gurih dan nikmat di lidah. Bukan hanya itu, kudapan ini juga merupakan satu dari sekian masakan Betawi paling awet hingga saat ini.

2. Semur Jengkol

Jengkol merupakan salah satu makanan yang dihindari banyak orang, namun nikmat. Aromanya yang menyengat membuat orang berpikir dua kali untuk menyantapnya. Tetapi, meski di hindari, semur jengkol menjadi satu dari sekian makanan Betawi yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Semur ini diproses dengan tingkat kepedasan yang berbeda, tergantung dari lidah dan selera masing-masing orang. Untuk menyantapnya, Anda bisa memadukannya dengan nasi atau lontong, di jamin menu makanan Anda akn sangat lezat dan menggugah selera.

3. Gado-Gado

Siapa yang tidak tahu gado-gado? Makanan unik dari Betawi yang satu ini menjadi sangat popular dan mudah di temui di setiap sudut kota Jakarta. Masakan yang berisikan bermacam-maca sayuran hijau seperi, kangkung, bayam, kacang panjang, hingga pare ini biasanya dihidangkan bersama denga nasi, ketupat, atau pun lontong yang dipotong-potong. Siraman saus kacang membuat makanan ini penuh gizi dan protein dalam satu menu. Selain nikmat, salad khas Indonesia ini penuh dengan vitamin dan nutrisi untuk tubuh.

4. Kerak Telor

Ketika Pekan Raya Jakarta atau PRJ di selenggarakan, maka Anda tidak akan sulit menemukan kerak telor di sekitaran daerah Kemayoran. Bentuk makanan khas Betawi ini mirip seperti martabak, namun isinya berbeda. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan telu yang dimasak di atas tungku bersaa ketan dan ubi. Bila Anda penasaran bagimana perpaduan rasa ketan dan ubi, mungkin Anda bisa membelinya sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *