4 Minuman Asli Minang Yang Wajib Anda Coba

Ketika Anda berbicara mengenai kuliner Indonesia, maka tanah Minang tidak pernah ketinggalan. Selain memiliki makanan yang lezat dan berhasil masuk ke dalam 100 makanan terenak di dunia, ternyata banyak minuman asli Minang yang tidak kalah lezat dan wajib untuk Anda coba. Di artikel ini akan dijabarkan keempat minuman tersebut. Simak informasinya di sini.

Teh Talua

Minuman asli Minang pertama yang akan dibahas iadalah Teh Talua yang berasa dari Sumatera Barat. Bila Anda datang ke daerah ini, maka jangan pernah lupa untuk mencicipi minuman ini. Teh ini terbuat dari campuran teh dengan telur, rasa minuman satu ini memang unik. Telur yang digunakan ialah telur ayam kampung atau telur bebek. Meski menggunakan telur, rasanya akan tersamarkan dengan perpaduan yang apik antara daun teh dan manisnya gula. Dengan mengonsumsinya, Anda bisa mendapatkan khasiat untuk megurangi badan yang letih dan menyegarkannya. Jadi, minuman ini sangat cocok dikonsumsi setelah Anda selesai beraktivitas.

Aia Kawa

Aia Kawa adalah minuman asli Sumbar yang mungkin bisa Anda temukan dengan mudah di daerah Minang lainnya. Minuman ini terbuat dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Minuman asli Minang ini bisa Anda temui dengan mudah di sekitar Bukittinggi atau Ngarai Sianok. Cara membuatnya pun tidaklah sulit, daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Tersajilah Aia Kawa, yang kemudian bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera Anda.

Jus Pinang Muda

Mungkin banyak yang tidak tahu jika buah pinang muda bisa dimanfaatkan menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan. Di tanah Minang, buah unik ini dibuat menjadi jus dan dicampurkan dengan gula merah dan potongan jahe. Di beberapa penjual, Anda bisa menemukan minuman Asli Minang satu ini ditambahkan dengan telur ayam kampung, susu, dan madu. Khasiatnya tentu saja untuk menambag stamina bagi kaum lelaki. Tertarik untuk mencobanya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *