4 Minuman Khas Indonesia Yang Wajib Dicoba

minuman khas indonesiaIndonesia memiliki ragam makanan khas yang begitu nikmat dari setiap daerahnya. Selain memiliki makanan khas, negeri ini juga memiliki berbagai minuman khas Indonesia menyegarkan sekaligus sangat nikmat untuk dicicipi. Apa lagi jika minuman tersebut diminum ketika siang hari saat cuaca terik. Nah, dari sekian banyak minuman nusantara yang bisa Anda cicipi, inilah 4 minuman yang wajib Anda coba.

1. Cendol

Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama es parut, santan, dan siraman gula merah cair. Minuman dengan rasa manis dan gurih ini memiliki nama berbeda-beda di setiap daerahnya, misalnya di Sunda, minuman dingin ini disebut dengan nama Cendol. Sementara di Jawa Tengah, minuman ini dinamai dengan Es Dawet. Selain itu, warna hijau pada cendolnya menggunakan bahan yang alami yaitu daun pandan atau daun saga. Sehingga, Anda tidak masalah bila anak-anak mengonsumsinya.

2. Bajigur

Bajigur merupakan minuman yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Bahan utama minuman ini adalah gula aren dan santan. Utuk menambah kenikmatan, tidak jarang banyak orang yang mencampurkan sedikit jahe, garam dan bubuk vanila ke dalamnya. Bajigur juga bisa dinikmati dengan dua cara, yaitu dalam bentuk dingin untuk pelepas dahaga, atau hangat untuk menghangatkan tubuh dicuaca dingin. Sebagai teman minum, Anda bisa menyantap pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.

3. Sekoteng

Jika cuaca dingin atau sedang hujan, menikmati segelas Sekoteng memang pilihan yang paling tepat. Kuliner ini berasal dari Jawa Tengah ini terbuat dari air jahe yang ditambahkan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti tawar. Anda akan mudah menemukan minuman ini ketika malam hari, karena para pedagang Sekoteng baru akan berjualan ketika hari berganti malam.

4. Es Oyen

Bagi Anda orang Jawa Timur, mungkin tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini, yaitu Es Oyen. Es ini sebenarnya mirip dengan es campur atau es buah yang ada di daerah lain. Pasalnya, isi dari es ini adalah buah-buahan seperi Alpukat, Nangla, Mangga, dan Kelapa Muda. Buah tersebut dicampur dengan santan cair dan tambahan susu kental manis. Saat dagaha melanda di siang hari, mungkin Anda bisa mencicipi salah satu minuman unik dari Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *