4 Peluang Usaha bagi Para Pensiunan

peluang usahaTidak selamanya kita akan menjadi pekerja dan tidak selamanya kita akan menghasilkan gaji bulanan dari apa yang sudah dikerjakan. Kita hanya bisa mengandalakan dana pensiun namun bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan penghasilan lagi. Bekerja selama bertahun-tahun, bertemu dengan banyak orang dengan berbagai sifat yang berbeda membuat diri menjadi terlatih, keahilan pun menjadi terlatih dan mempunyai banyak pengalaman. Dengan semua itu, kita dapat memulai sebuah bisnis jika waktu pensiun telah tiba. Ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan ketika masa pensiun tiba. Berikut beberapa peluang usaha yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda. 

1. Berbisnis Kos-kosan atau Rumah Kontrakan

Ketika sudah pensiun mungkin bisnis yang ingin Anda lakukan adalah bisnis yang mudah dijalankan dan tidak memerlukan banyak tenaga. Anda bisa mencoba membuka kos-kosan atau kontrakan. Peluang usaha ini memang membutuhkan modal yang besar tapi jika dari awal Anda menabung untuk diinvestasikan tentunya tidak akan terlalu berat. Harga properti selalu naik setiap tahunnya jadi Anda tidak akan rugi. Anda bisa sangat untuk jika lokasi kos-kosan atau kontrakan yang dibangun dekat dengan kampus atau sekolah karena pasti banyak yang berminat.

2. Bisnis Kuliner

Jika Anda adalah orang yang suka dengan dunia kuliner dan hobi memasak lebih baik Anda coba untuk membuka sebuah usaha kuliner. Peluang usaha ini bisa menjadi pilihan utama saat memasuki masa pensiun. Anda tak perlu repot-repot juag dengan membuka sebuah toko, Anda bisa membuka usahanya di rumah saja seperti katering atau bisnis makanan online yang mudah namun jika ingin membuka usaha dengan skala yang lebih besar tak ada salahnya dengan membuka sebuah restoran. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas makanan yang disajikan agar pelanggan puas.

3. Menulis Blog atau Buku

Anda memiliki hobi menulis? Tak ada salahnya memanfaatkan hobi tersebut menjadi sebuah peluang usaha. Anda bis menulis berbagai macam artikel diblog atau bisa dikirimkan kepada penerbit atau majalah untuk diterbitkan. Jika diblog, Anda dapat memanfaatkannya dengan memasang iklan. Semakin tinggi traffic pengunjung blog semakin tinggi juga yang akan didapat. Sedangkan untuk tulisan yang dikirimkan pada penerbit, jika yang diterbitkan adalah sebuah novel Anda dapat memperoleh untung sekitar 30% dari penjualan buku per eksemplarnya.

4. Menjadi Dosen atau Guru Les

Jika menginginkan jam kerja yang fleksibel, Anda dapat mencoba peluang bisnis menjadi guru les atau dosen. Selain itu, Anda tetap bisa mengingat pengetahuan yang sudah dipelajari sebelumnya. Coba ajarkan sesuatu yang Anda suka seperti fisika, matematika, olahraga, atau bahasa asing. Selain bermanfaat untuk orang lain, bisnis ini juga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *