4 Rekomendasi Masakan Tradisional Aceh

Makanan khas Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Bahkan, dari Sabang sampai Marauke pun memiliki makanan khasnya sendiri. Di artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi masakan tradisional Aceh yang mungkin bisa menjadi makanan kesukaan Anda. Seperti yang kita ketahui, Aceh menjadi salah satu daerah Indonesia yang memiliki banyak ragam budaya dan kuliner. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mencicipi satu dari sekian banyak yang ada. Yuk, segera simak informasinya di bawah ini.

Sie Itek

Secara harfiah, Sie Tiek artinya adalah kuah bebek. Masakan tradisional Aceh ini merupakan menu masakan berkuah dengan sup bercita rasa kari. Akan tetapi, yang membuat kudapan ini berbeda dari sup pada umumnya ialah kuah karinya yang kental. Bila Anda kurang menyukai bebek, Anda bisa menggantinya dengan ayam, tetapi nama masakan ini pun akan berubah menjadi Sie Manok atau kuah ayam. Jadi, meski bahan berbeda-beda, cita rasanya pun akan tetap sama.

Karee Kameng

Masakan tradisional Aceh yang satu ini merupakan sajian favorit warga Aceh. Karee Kameng atau kari kameng adalah lauk yang hampir selalu ada di setiap kedai nasi pinggir jalan hingga acara besar masyarakat Aceh. Biasanya, kudapan yang satu ini dimasak menggunakan kuali atau wajan besar yang selalu panas. Namun, di balik makanan enak ini ada satu bumbu yang masih menjadi kontroversial, yaitu tambahan bumbu sakau alias ganja. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmatinya dengan memilih penjual yang tidak menambahkan sakau ke dalam makanannya.

Keumamah Ikan Kayu

Pada dasarnya, masakan tradisional Aceh ini merupakan daging ikan tongkol yang direbus, kemudian dikeringkan dengan cara di asap hingga ikan keras seperti kayu. Oleh karena itu dinamakan ikan kayu. Nantinya, ikan yang telah diasap ini akan kembali dimasak menjadi menu makanan baru, seperti dibalado, dimasak bersama cabe hijau, hingga olahan lain yang tidak kalah sedap.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap juga merupakan salah satu masakan tradisional Aceh. Masakan ini terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu dan rempah-rempah khas daerah ini. Makanan ini sebenarnya bukanlah masakan yang dibuat dengan resep leluhur, tetapi menu ini merupakan kreasi baru yang kemudian menjadi sangat populer di daerah Aceh. Bahkan, hampir setipa rumah makan menyajikan masakan yang satu ini. Mungkin ketika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menyicipinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *