4 Tips Meminjam Uang yang Wajib Kamu Ketahui

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Meminjam uang memang memudahkan, apalagi jika Anda membutuhkan uang tersebut dalam waktu yang cepat. Jasa-jasa peminjaman uang pun mulai tersebar dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Tapi ada baiknya Anda jangan mudah percaya dengan jasa peminjaman. Anda perlu mengikuti langkah meminjam uang dengan cepat dan aman berikut ini :

Pahami kredibilitas penyedia

Hal pertama yang paling penting adalah Anda tidak boleh mudah terbuai. Meski Anda berada di kondisi yang sangat mendesak jangan pernah meminjam uang tanpa mengetahui latar belakang dari penyedia pinjaman Anda. Meski jumlah uang yang Anda butuhkan sangat besar dan pihak penyedia dapat memberikan pinjaman dengan cepat tapi penyedia ini bisa jadi adalah orang yang sebenarnya tidak melakuan pekerjaan sesuai dengan sistem yang berlaku. Mereka mungkin bisa saja menyeret Anda pada jurang kredit yang lebih berbahaya dimana bunganya sangat besar dan juga hal yang merugikan lainnya. Dengan kata lain seperti berhubungan dengan para rentenir. Jika Anda sudah terlanjur masuk ke jaring pinjaman uang yang berbahaya tersebut maka anda akan kesulitan untuk keluar.

Pastikan jangka waktu pinjaman

Ketika Anda meminjam uang, lihat juga masa pembayaran pinjaman yang telah ditentukan. Banyak orang berpikir bahwa masa pembayaran hutang yang makin lama akan semakin meringankan. Memang benar, karena semakin lama waktu pembayarannya, hutang Anda akan semakin ringan angsurannya. Tapi juga berpengaruh pada nilai bunga yang  harus Anda bayarkan. Semakin lama Anda mengangsur, bunga yang dikenakan pada Anda juga makin besar.

Minta penjelasan selengkap mungkin

Sebuah dokumen memang biasanya memuat banyak sekali peraturan yang terkadang peraturan tersebut akan sulit dipahami oleh orang awam sehingga membuat mereka malas membacanya secara rinci. Hal ini juga berlaku pada dokumen saat meminjam uang karena dokumen ini juga memiliki pasal dan poin yang panjang dengan bahasa yang mungkin kurang familiar. Tapi hal ini tidak boleh membuat Anda malas membacanya, karena masa depan finansial Anda sangat bergantung pada dokumen ini. Jika Anda tidak membacanya mungkin akan mengalami masalah dikemudian hari yang memrugikan anda.

Hindari perantara saat meminjam uang

Tidak sedikit orang yang malas mencari informasi ketika akan meminjam uang, hal ini menyebabkan munculnya perantara hutang. Perantara hutang bukan merupakan satu-satunya jalan untuk mendapatkan pinjaman uang. Menggunakan perantara tidak akan membuat kondisi Anda lebih mudah tetapi malah akan menambah biaya penyewaan jasa mereka yang nilainya mungkin cukup besar yang akan membuat pinjaman uang Anda semakin membengkak.

Demikianlah uraian singkat tentang tips peminjaman uang yang aman dan cepat. Anda juga bisa membaca artikel tentang mengirim uang di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *