4 Tokoh Batik Indonesia yang Populer di Mata Dunia

Batik merupakan kain legendaris milik bangsa Indonesia. Para seniman Batik patut diapresiasi karena keindahan karyanya. Caranya, Anda cukup mengenakan Batik dengan bangga dan membantu mengenalkan Batik Indonesia kepada orang lain. Tetapi, apakah Anda tahu di balik kain penuh filosofi ini, ada tokoh-tokoh berjasa yang telah membawa batik ke kancah internasional. Simak siapa saja tokoh Batik bersaja untuk Indonesia di bawah ini.

Edward Hutabarat

Edward merupaka salah satu desainer terkenal sekaligus tokoh Batik yang berasal dari Taruntung, Sumatera Utara. Untuk menciptakan pakaian berbahan dasar Batik, Edward bekerja sama dengan para pengerajin Batik secara langsung. Karya-karya busana yang ia ciptakan berhasil membuat Batik terkenal di mata para penduduk dunia.  Bahkan, Edward pernah mengadakan pagelaran busana yang hasil penjualannya disumbangkan untuk renovasu Museum Art Galery di Keraton Surakarta.

Iwan Tirta

Siapa yang tidak kenal dengan Iwan Tirta? Salah satu perancang Batik Indonesia ini mendedikasikan hidupnya untuk Batik. Bahkan, rancangannya pernah dipakai oleh kepala negara dalam acara APEC di tahun 1994. Jasa Sang Tokoh Batik kepada Indonesia bukan hanya itu saja, Tirta memberikan juga pendidikan tentang Batik, penelitian dan pengembangan filsafat Batik ke mancanegara.

Tuty Cholid

Sebagai seorang perancang, Tuty Cholid memiliki keunikannya sendiri, yaitu hasil karyanya selalu bertema etnis Indonesia, termasuk Batik. Kesan mewah dan bersahaja selalu muncul di setiap pakaian yang ia buat. Tentu saja hal ini mampu menarik perhatian pembeli. Akibat keajaiban tangan tokoh Batik ini, sebuah kain bisa berlinai tinggi dan memeiliki estetika.

K.R.T Hardjonagoro

Tokoh Batik lainnya adalah K.R.T Hardjonagoro atau lebih dikenal sebagai Go Tik Swan. Sejeak kecil ia diasuh oleh kakeknya yang merupakan pengusaha Batik asal Solo. Keadaan ini membuat Swan akrab dengan tukang cap Batik, pembersih malam, para pewarna Batik, dan pembuat Batik dengan canting. Dari masa kecilnya ini lah yang membuat Swan terinspirasi dan menjadi pelopor Batik Indonesia. Bahkan, ia menggali ide-ide brilian untuk menciptakan pola-pola Batik baru seperi Batik Pusaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *