Apa Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Ekonomi Indonesia?

meningkatkan ekonomiIndonesia termasuk ke dalam negara yang sedang berkembang dari berbagai aspek, mulai dari keadaan perekonomiannya hingga infrastrukturnya. Sebenarnya, sudah sejak dulu Indonesia berusaha mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain, namun semenjak pemerintahan Presiden Jokowi, semuanya lebih jelas terasa. Tidak tanggung-tanggung, dari Sabang hingga Marauke dibangun dan diperbaiki infrastrukturnya, berbagai kebijakan baru diciptakan untuk Indonesia yang lebih baik lagi. Meski pemerintah sudah bergerak untuk meningkatkan ekonomi dan membuat Indonesia lebih baik lagi, masyarakat juga harus turut andil mendukung kebijakan pemerintah. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai masyarakat Indonesia untuk membantu meningkatkan ekonomi menjadi lebih kedepannya. Berikut dua cara sederhana yang mungkin bisa Anda lakukan.

1. Cintai dan Gunakan Produk Indonesia

Hal sederhana pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membeli dan menggunakan produk Indonesia. Seperti yang kita ketahu bahwa prroduk Indonesia saat ini memiliki kualitas yang sangat bagus dan mampu bersaing dengan produk impor atau merek ternama. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mulai mengalihkan produk favorit Anda menjadi produk lokal asli Indonesia. Dengan membeli produk Indonesia, Anda telah mendukung dan turun tangan untuk dapat meningkatkan ekonomi. Pasalnya, uang yang Anda keluarkan kembali akan berputar di dalam inner cicle alias kembali lagi untuk orang Indonesia. Cotohnya, Anda membeli batik asli Indonesia di sebuah pusat perbelajaan, lalu Anda membayar batik tersebut. Pertama, Anda telah membantu para pengerajin batik untuk membeli produk mereka. Kedua, saat membeli barang tersebut, Anda harus membayar PPN, di mana uang pajak tersebut bisa membantu meningkatkan ekonomi Indonesia. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, kan?

2. Taat Pajak

Hal kedua yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan adalah dengan menjadi masyarakat Indonesia yang taat pajak. Sudah bukan hal asing lagi jika uang pajak yang Anda bayarkan digunakan untuk membangun Indonesia. Pajak dibayarkan tersebut digunakan pemerintah untuk membangun beragam fasilitas dan infrastruktur yang nantinya juga bisa digunakan oleh masyarakat seperti, fasilitas Pendidikan, pembangunan jalan raya, pembangunan rumah sakit atau fasilitas kesehatan di daerah terpencil, hingga berbagai subsidi yang dapat Anda rasakan. Membayar pajak seperti efek domino, Anda mengeluarkan uang untuk membayar pajak. Uang pajak tersebut digunkan pemerintah untuk membangun beragam infrastruktur negara. Selanjutnya, Anda menikmati kembali hasil dari kewajiban pajak yang Anda jalani.

Setelah mnegetahui bahwa Anda memiliki peran untuk memperbaiki ekonomi Indonesia, tentu saja Anda akan lebih sadar perapa pentingnya peran setiap warga negara untuk membuat Indonesia lebih baik. Untuk itu, yuk bangun bangun Indonesia bersama!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *