Cara Jitu Menyimpan Batik di Rumah

Hampir setiap orang memiliki baju Batik di dalam lemarinya. Entah itu baju Batik yang memang menjadi seragam kerja/sekolah, atau memang dikhususkan untuk menghadiri acara tertentu. Akan tetapi, menyimpan Batik tidak semudah saat Anda membelinya. Anda harus cukup apik menyimpannya jika ingin Batik Anda awet. Yuk, simak  cara mudah dan murah menyimpan Batik yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini.

Simpan di ruangan ber-AC

Jika Anda tinggal di kota yang cuacanya pas seperti Jakarta, maka Anda harus menyimpan batik di ruangan sejuk atau ber-AC. Tujuannya agar Batik Anda tidak lembab dan berjamur. Jika menyimpan Batik di tempat lembab, serat kain akan mudah rusak dan warnanya akan cepat berubah. Untuk itu, perhatikan keadaan lemari tempat Anda menyimpannya.

Simpan dengan cara di lipat

Percaya atau tidak, menyimpan Batik dengan cara dilipat akan membuatnya lebih awet dibandingkan digantung. Ketika Anda menggantung pakaian, maka serat kain akan jatuh ke bawah. Hal ini bisa menyebabkan serat kain tertarik dan lebih mudah rapuh.

Masukan ke dalam plastik pembungkus

Untuk menambah keamanan menyimpan Batik, Anda bisa memasukannya ke dalah plastik laundry. Gunanya, agar Batik Anda tidak dimakan ngengat. Batik yang terinveksi ngengat warnanya akan berubah, bahkan kainnya bisa bolong akibat dimakan ngengat.

Hindari parfume dan wewangian lainnya

Baju yang wangi akan membuat Anda lebih nyaman untuk memakainya. Meski begitu, jangan pernah merendam Batik di dalam pewangi. Cukup semprotkan pewangi pada kain Batik yang sebelumnya ditutupi oleh alas lain. Buka hanya itu, parfum atau minyak wangi yang disemprot langsung pada kain bisa merusak warna batik. Oleh karena itu, pastikan melapisi batik sebelum Anda menyemprotkan wewangian di sana.

Jangan beri kapur barus di lemari penyimpanan

Kain Batik nampaknya lebih sensitive terhadap zat kimia padat, karenanya saat Anda menyimpan Batik, jangan pernah memberikan kapur barus. Zat yang terkandung pada kapur barus yang sangat keras bisa merusak batik Anda. Cukup simpan Batik dengan baik dan tertata.

Trik menghindari ngengat

Jika ngegat di lemari Anda lebih bandel, coba bungkus bulir merica dengan tisu dan letakan di lemari tempat Anda menyimpan Batik. Trik lainnya, Anda bisa meletakan akar wangi yang sudah di celup ke dalam air panas dan di jemur hingga kering untuk menghindari ngengat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *