Fakta Menarik Batik Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Batik Indonesia? Salah satu kain trasional paling terkenal ini dimintai oleh semua kalangan, mulai dari kaum muda hingga orangtua. Hal ini dikarenakan Batik Indonesia bsia digunakan diberbagai acara, mulai dari acara formal hingga casual, hanya saja Anda harus memadukannya dengan baik dan benar.

Dari beragam keunikan yang dimiliki oleh kain ini, ada beberapa fakta menarik yang wajib Anda ketahui. Simak informasinya berikut ini.

Sejarah nama Batik

Meski banyak yang mengetahui Batik Indonesia sebagai warisan budaya Indonesia, tidak banyak orang tahu dari mana nama Batik berasal. Kata “Batik” merupakan gabungan dari dua suku kata bahasa Jawa, yaitu “amba” yang memiliki arti menulis dan “titik” yang bermana titik. Kedua kata tersebut digabungkan dan menjadi kata Batik.

Batik menjadi warisan budaya

Sejak 2 Oktober 2019, Batik Indonesia ditetapkan sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of humanity. Ini menandakan bahwa Batik adalah warisan budaya milik Indonesia yang tidak bisa di klaim oleh bangsa lain. Dengan adanya pengakuan ini, Indonesia bisa melindungi Batik dari pencurian dan penjiplakan yang marak di luar sana.

Motif dan Corak Batik

Motif Batik dari setiap Indonesia berbeda-beda. Tetapi, setiap motif memiliki kesamaan yaitu menggunakan corak dari ragam flora dan fauna yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak motif yang ada, motif Batik Indonesia bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu batik tradisional dan modern. Motif Batik tradisional umumnya memiliki nilai filosif di setiap motifnya, sedangkan motif modern tidak bermakna simbolik dan cenderung lebih bewarna.

Festival Batik

Tahukah Anda bahwa festival bukan hanya berlaku untuk makanan dan pakaian. Faktanya, Indonesia memiliki festival Batik nusantara yang cukup besar dan megah yang bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Kota yang bertugas menjadi tuan rumah festival Batik tidak lain adalah Solo dan Pekalongan, kota yang memang terkenal sebagai pusat pengerajin Batik di Indonesia. Nama-nama festival Batik Indonesia yang bisa Anda nikmati adalah Festival Batik Solo, Karnaval Batik Solo, dan Festival Batik Cina.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *