Inilah Kudapan Para Raja Indonesia Pada Zamannya

kudapan para rajaSebelum memasuki era penjajahan yang dilakukan bangsa Portugis, Inggris, Belanda, dan Jepang, Indonesia merupakan negeri kerajaan seperti Thailand. Puluhan kerajaan tersebar dari Sabang hingga Marauke, mulai dari Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Taraumanegara, hingga Kerajaan Kutai Kartanegara. Nah, dari masing-masing kerajaan ini memiliki sebuah kudapan yang hanya disantap oleh raja dan keluarganya. Kira-kira, makanan apa sajakah itu? Simak informasinya di sini.

1. Rawon

Bila Anda menyukai soto daging, mungkin Anda juga gemar menyantap kudapan para raja yang satu ini. Dari segi tampilannya, Rawon memiliki keunikannya sendiri, yaitu kuahnya yang berwarna hitam pekat. Di dalam sayur ini, terdapat campuran isi dari tauge, daging sapi dipotong dadu, dan daun bawang. Makanan raja Kediri ini sangat lezat jika disantap dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng. Bahkan, Anda bisa membuat Rawon sendiri di rumah, lho.

2. Dendeng

Dendeng merupakan kudapan yang terbuat dari bahan dasar daging yang diiris tipis-tipis seperti lembaran. Saat ini, dendeng lebih dikenal sebagai makanan khas Padang, yaitu dendeng balado. Padahal, pada zaman dahulu dendeng merupakan kudapan raja di kerajaan Mataram. Jadi, dendeng hanya bisa disantap oleh para keluarga raja atau kaum bangsawan. Namun, seiring berkembangnya zaman, makanan ini bebas dibeli dan dimakan oleh siapa saja.

3. Wajik

Apa Anda tahu apa itu Wajik? Wajik adalah makanan manis yang terbuat dari beras ketan dan gula merah yang dimasak bersama hingga menjadi keras. Bila Anda sering mengunjungi kota-kota yang ada di Jawa Tengah, maka Anda tidak akan sulit menemukan makanan ini. Pada zaman dahulu, Wajik merupakan kudapan para raja di kerajaan Majapahit. Makanan manis ini dijadikan camilan raja atau hidangan untuk para tamunya.

4. Pecel

Pecel merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang berbahan dasar sayur-mayur yang direbus, lalu disiram dengan kuah kacang kental yang pedas. Selain sehat, makanan ini mudah untuk dibuat di rumah. Padahal, pada zaman kerajaan Indonesia berjaya, pecel merupakan makanan raja. Rasanya yang nikmat dan penuh dengan gizi, sangat cocok dikonsumsi oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *