Ketahui Jenis-Jenis Kain Batik Populer

Untuk membuat Batik, tentunya Anda membutuhkan kain sebagai kanvas membatik Anda. Dari sekian banyak jenis kain yang ada, ada beberapa kain yang memang pas untuk dijadikan bahan dasar membatik. Bahan kain Batik juga menentukan harga jual. Jika bahan sutra menjadi yang paling mahal, kain katun menjadi kain batik dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah baik.  Simak kain Batik apa saja yang bisa Anda temukan di pasaran berikut ini.

Kain Mori

Kain batik yang satu ini, terbuat dari kapas dan memiliki tiga jenis, yakni Kain Mori Primissima, Kain Mori Prima, dan Mori Biru. Ada dua jenis Kain Mori yang biasa dijadikan bahan pakaian. Kedua jenis tersebut ialah kain Mori yang sebelumnya sudah mengalami proses pemutihan (bleaching) dan kain Mori yang belum diputihkan. Untuk kain yang belum diputihkan biasanya disebut kain blacu.

Kain Katun

Selanjutnya, kain batik jenis ini adalah kain yang paling umum digunakan untuk bahan pakaian. Terbagi menjadi empat jenis tingkatan kualitas, kain Katun menjadi primadona bagi kalangan menengah. Keempat tingkatan bahan katun tersebut yakni, bahan Grey, Bahan Prima 70/60, Bahan Prima Super/Prima Mercerized, Bahan Prima Mercerize Sanforized.

Kain Paris

Meski namanya mengandung kata Paris, bukan berarti kain ini berasal dari negeri romantis itu. Kain batik Paris memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dengan kain katun lain. Hanya saja, jenis yang satu ini terbilang cukup tipis dari jenis yang lain. Lebih banyak digunakan untuk bahan batik, kain yang satu ini juga sering digunakan untuk pakian dan hijab.

Kain Serat Nanas

Jangan salah sangka, kain ini bukan terbuat dari serat buah nanas. Kain Batik yang satu ini memiliki sulur-sukur kain yang dapat terlihat dengan kasat mata dan juga mengkilap. Tekstur kain ini juga kasar seperti kain dobi. Kain Batik ini biasanya akan menghasilkan baju Batik dengan kesan formal dan elegan ketika di pakai.

Kain Sutera

Menjadi kain batik paling mahal, kain jenis Sutera terbilang cukup istimewa dibanding kain jenis lainnya. Terbuat dari serat kepompong ulat sutera, kain ini menjadi yang paling mahal dijajarannya. Tidak hanya memiliki kelebihan dari segi bahan pembuatan, kain Sutera juga memiliki kelebihan ketika digunakan. Bahannya yang lembut membuat penggunanya merasakan kenyamanan yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *