Kota Wisata di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi

kota wisataAustralia adalah negara satu-satunya di dunia yang menempati seluruh wilayah di satu benua, yaitu Benua Australia. Namun, benua tersebut sendiri benua terkecil di dunia. Australia memiliki 6 state dan 2 territorial, yaitu Victoria (VIC), Australian Capital Territory (ACT), Western Australia (WA), New South Wales (NSW), Nothern Territory (NT), South Australia (SA), dan Queensland (QLD). Hampir semua kota-kota utama terletak di wilayah pantai, seperti Sydney, Perth, Adelaide, Darwin, Melbourne, dan Brisbane. Namun, ibu kota negara, Canberra, terletak di kawasan pedalaman, tidak dekat dari pantai. Buat kamu yang ingin berlibur ke Australia, di sana memang banyak kota wisata buat kamu jelajahi. Kamu sudah tahu Australia terkenal dengan apa selain tujuan wisata mereka? Negara ini terkenal dengan Sydney Opera House, Great Barrier Reef, dan hewan-hewan unik seperti kanguru, koala, dan platypus. Apa saja kota wisata utama yang harus kamu kunjungi saat berkunjung di sana? Mari simak daftarnya:

1. Sydney

Kota wisata pertama adalah Sydney, ibukota NSW. Sydney adalah kota terbesar di seluruh wilayah Oseania. Sydney terletak di area pantai seperti kota-kota yang lain, di daerah timur Australia. Pantainya mulai dari Laut Tasman hingga ke Blue Mountain, dan dari Sungai Hawkesbury hingga ke Dataran Tinggi Wonorora. Sydney juga memiliki pendidikan tinggi utama, yaitu Macquarie University, University of New South Wales, dan University of Sydney. Selain itu, kota liburan yang satu ini memiliki landmark antara lain Sydney Opera House, Darling Harbour, The Rocks, Bondi Beach, dan Syddney Harbour.

2. Melbourne

Kota wisata kedua adalah Melbourne, ibukota state Victoria. Kota terbesar kedua di Australia dan Oseania. Pantai di Melbourne membentang dari Port Philip hingga di Pegunungan Dandenong, dan dari Semenanjung Mornington hingga ke Yarra Valley. Melbourne juga terkenal dengan universitasnya yang sudah mendunia seperti Monash University, RMIT University, La Trobe University, University of Melbourne, dan lainnya. Landmark di kota wisata ini adalah Queen Victoria Market, Royal Botanic Gardens, National Gallery of Victoria, Yarra Valley, dan Melbourne City Centre.

3. Brisbane

Kota wisata ketiga adalah kota terbesar yang ketiga, Brisbane, ibukota Queensland. Brisbane adalah kota tertua yang dihuni oleh manusia. Nama Brisbane diambil dari nama Sir Thomas Brisbane, dan dia dulunya gubernur New South Wales pada di abad 19. Pendidikan tinggi utama Australia adalah Griffith University, dan University of Queensland. Tempat wisata di sini antara lain Museum of Brisbane, Roma Street Parkland, City Botanic Gardens, Queensland Gallery of Modern Art, dan Lona Pine Koala Sanctuary.

4. Canberra

Kota wisata keempat adalah Canberra, ibukota negara Australia. Kota Canberra tidak memiliki dan sangat jauh dari pantai seperti kota-kota lain yang telah disebutkan. Canberra sering di katakan “Bush Capital” karena lokasinya dikelilingi oleh hutan, cagar alam, dan areal pertanian. Kantor pusat pemerintahan terletak di sini, seperti Parliament House, High Court, dan Governor-General. Wisata di tempat ini adalah National Museum of Australia, Danau Burley Griffin, Questacon, National Gallery of Australia, dan Australian War Memorial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *