Kudapan Khas Cirebon Yang Enak dan Murah

Cirebon dikenal sebagai kota penghasil terasi dan udang kering di pulau Jawa. Ternyata bukan hanya itu, kota yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat ini juga memiliki kudapan khas Cirebon yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dicicipi. Makanan dari kota ini pun beraneka ragam, sebut saja empal gentong dan nasi jamblang yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah. Ingin tahu masakan nusantara dari Kota Udang lainnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Nasi Jamblang

Belum lengkap rasanya bila Anda berwisata ke kota ini tanpa menikmati kudapan khas Cirebon satu ini, yaitu nasi jamblang. Makanan ini punya ciri khas dengan bungkus daun jati. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus dengan daun pisang. Kudapan ini awalnya dikenal dari Desa Jampang, Kabupaten Cirebon. Karena unik dan juga murah, nasi ini akhirnya mulai populer dijajakan di wilayah lain di Cirebon. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari 2,000-20,000 rupiah dari setiap porsi.

Empal Gentong

Kudapan khas Cirebon yang satu ini sudah menjadi ikon kuliner kota ini. Kenikmatan dari kuah kuning kuliner ini sangat nikmat bila Anda santap dalam keadaan masih panas. Kuliner lezat ini dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar. Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian yang istimewa seperti daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan. Anda bisa mendapatkan kudapan ini dengan harga yang terjangkau, mulai dari 17,000-22,000 rupiah, Anda sudah bisa mencicipi satu mangkuk lezat empal gentong.

Docang

Pernah mendengar kudapan dengan nama Docang? Kudapan khas Cirebon ini juga cukup populer di daerah Bogor. Sebenarnya, makanan ini hampir mirip dengan kupat tahu Singaparna, Garut. Bedanya, isian dari kuliner ini biasanya berupa lontong, tauge, parutan kelapa ditambah dengan daun singkong dan taburan kerupuk. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah siraman kuah panas, sambal docang dan tempe bungkil atau oncomnya. Hanya dengan uang 10,000-15,000 rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi menu ini. Murah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *