Makanan Khas Lampung yang Bisa Anda Cicipi

Pernahkah Anda mengunjungi Lampung? Jika Anda berkunjung ke sini, rasanya tidak lengkap bila Anda tidak mencicipi makanan asli Lampung. Kudapan daerah ini ada beberapa yang mirip dengan makanan khas dari daerah Sumatera Selatan. Salah satu faktor pendorongnya adalah letak geografisnya yang bersebelahan. Meski bumbu dan cita rasanya sama, namun Lampung tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Berikut beberapa makanan khas Lampung yang bisa Anda cicipi.

Geguduh

Geguduh merupakan olahan pisang yang digoreng khas Lampung. Bedanya, pisang ini digoreng tidak secara utuh, melainkan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan tepung terigu, susu, dan selesai sesuai dengan selera Anda. Selanjutnya baru digoreng hingga garing. Bentuk Makanan khas Lampung ini memanjang atau bulat-bulat seperti bola. Kudapan ini paling nikmat jika Anda santap bersama dengan secangkir teh atau kopi di pagi hari sebagai menu sarapan.

Gabing

Gabing merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. Mungkin, tidak ada yang pernah menyangka bahwa bahan ini bisa dijadikan makanan lezat. Caranya adalah dengan mengiris batang tipis-tipis, lalu direbus dengan bumbu rempah hingga aromanya harum. Selanjutnya, kudapan ini bisa Anda santap dengan nasi sebagai sayur.Bila Anda ingin rasa yang lebih nikmat, mungkin Anda bisa menambahkan bahan lain seperti daging, jamur, atau sayuran lainnya.

Engkak

Engkak merupakan kue yang biasanya disajikan pada acara-acara besar di daerah Lampung. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan mirip dengan kue lapis legit. Makanan khas Lampung ini terbuat dari tepung ketan putih, telur ayam, gula pasir, susu kental manis, dan mentega. Bagi Anda yang suka dengan kue manis, Maka Anda wajib mencicipi kue yang satu ini.

Umbu

Selain terdapat makanan yang berbahan dasar batang kelapa muda, ternyata masyarakat Lampung juga memiliki makanan khas Lampung terbuat dari bahan yang tidak biasa, yaitu Umbu. Umbu menggunakan rotan muda yang direbus hingga lunak sebagai bahan dasarnya. Rasa dari hidangan ini pahit, seperti saat Anda mencoba pare. Biasanya, umbu ini dioseng atau dimakan langsung sebagai lalapan. Bila Anda tidak masalah dalam mengonsumsi makanan yang pahit, maka hidangan ini sangat pas untuk dicicipi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *