Makanan Nusantara Paling Melegenda di Luar Negeri

makanan nusantaraAnda tidak perlu jauh-jauh keluar negeri untuk menemukan ragam kuliner unik, cukup keliling Indonesia dan menikmati makanan nusantara. Selain kaya akan budaya, Indonesia juga memiliki ratusan makanan khasnya yang sangat lezat serta otentik. Tak jarang, hal ini pun mengundang decak kagum para wisatawan dunia yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan, menu makanan ini pun berhasil mendunia dan masuk ke dalam jajaran makanan paling lezat. Di artikel ini akan dijelaskan makanan nusantara apa saja yang berhasil melengenda hingga keluar negeri.

1. Nasi Goreng

Bukan orang Indonesia namanya jika tidak tahu makanan ini, nasi goreng. Makanan nusantara ini bisa Anda jumpai di seluruh negeri, karena banyak rumah makan yang menyediakan menu ini. Untuk membuat kudapan ini pun tidak selulit yang Anda kira. Anda hanya memerlukan nasi putih, bawah merah, bawang putih, cabai, dan penyedap rasa sebagai bahan dasar utama. Anda bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti telur, bakso, sosis, daging ayam, hingga sayuran.

2. Sop Buntut

Sesuai dengan namanya, sop ini menggunakan buntut sapi sebagai bahan utamanya. Biasanya, potongan buntut atau ekor ini dibumbui rempah-rempah dan dibakar terlebih dahulu sebelum menyiranya dengan kuah sop. Di dalam sopnya sendiri, terdapat beberapa isian lain seperti kentang, wortel, daun bawang, tomat, seledri, hingga daun bawang. Bila Anda ingin menyantap makanan nusantara yang satu ini, Anda bisa mengunjungi beberapa restoran atau rumah makan khas Jawa yang ada di sekitar rumah Anda.

3. Gado-Gado

Salah satu makanan dari suku Betawi ini berhasil masuk ke jajaran makanan nusantara melegenda di luar negeri. Kudapan yang terbuat dari campuran sayuran hijau, labu, kentang, tahu, tempe, dan saus kacang ini memiliki cita rasa yang gurih sekaligus pedas. Tidak hanya itu, gado-gado juga disajikan dalam ragam variasi lainnya, seperti dengan saus kacang mede, sayuran organik, dan sebagainya.

4. Sate

Sate menjadi makanan nusantara yang sulit sekali untuk Anda tolak. Kudapan yang diproses dengan cara di bakar ini menggunakan daging ayam, sapi, kambing, atau bahkan ikan yang ditusuk dan dilumuri bumbu khas. Untuk sausnya sendiri, Anda bisa memilih dua varian original seperti bumbu kecap atau bumbu kacang. Akibat rasanya yang enak, sate berhasil masuk ke dalam 100 makanan terlezat di dunia bersama dengan nasi goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *