Manfaat Tax Amnesty Bagi Pertumbuhan Ekonomi Negara

pertumbuhan ekonomiBelum lama ini Indonesia sedang marak dengan sosialisasi kebijakan perpajakan baru, yaitu tax amnesty atau pengampunan pajak. Tax amnesty adalah sebuah program pengapusan pajak yang dicanangkan oleh dirjen pajak. Sehingga, para penunggak pajak tidak akan dikenakan sanksi sebagaimana yang diatur dalam UU No. 11 tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak. Lalu, apa fungsinya penghapusan pajak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia? Simak beberapa manfaatnya di artikel berikut.

1. Memudahkan masyarakat wajib pajak mengakses layanan perbankan

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika ingin mengakses fasilitas perbankan, misalnya kartu kredit tidak semudah yang Anda bayangkan. Banyak sekali peraturan dan dokumen pendukung yang diperlukan demi mendapatkan sebuah fasilitas kartu kredit. Pihak bank juga akan memeriksa kondisi keuangan calon nasabanya, termasuk laporan pajak. Dengan memiliki sebuah laporan pajak yang baik, atau taat pajak, maka hal tersebut bisa meyakinkan pihak bank untuk memberikan kredit kepada Anda. Kemudahan ini akan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya pada sektor keuangan. Pasalnya, sebuah lembaga atau organisasi itu dibuat untuk membantu masyarakat, bukan menyulitkan mereka.

2. Penghapusan sanksi administrasi dan pidana perpajakan

Manfaat lain yang bisa langsung Anda rasakan dari kebijakan perpajakan baru ini adalah dihapusnya segala saksi administarsi dan pidana bagi orang yang telat atau tidak menjalankan kewajibannya. Semua denda, bunga, kenaikan jumlah pajak, hingga pidana kurungan penjara tidak akan menghantui para Anda lagi. Dengan begitu, masyarakat tidak akan segan untuk melaporkan aset dan kekayaan mereka yang wajib terkena pajak. Tentu saja ini menguntungkan untuk negara. Semakin banyak wajib pajak yang taan membayar pajak, tentu saja akan semakin mendorong ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

3. Membuat pendapatan negara bertambah

Dengan hadirnya program pengampunan pajak akan membuat dampak yang besar untuk negeri ini, salah satunya ialah mendapatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modal mereka di Indonesia. Dengan banyaknya investor yang menginvestasikan dan mereka di sini bisa membantu pertumbuhan ekonomi negeri ini. Indonesia akan berubah menjadi negara yang perekonomiannya baik dan menjadi ladang hijau untuk lokasi berbisnis.

4. Membantu pemerintah untuk membangun Indonesia

Biaya denda dan bunga pajak tentunya tidak sedikit dan sangat menyulitkan, apa lagi jika jumlah harta Anda sangat besar. Dengan adanya program ini, maka pemerintah secara tidak langsung mengangkat beban masyarakat, meningkatkan kesejahteraan mereka, dan membantu pertumbuhan ekonomi negeri ini. Semua dana yang masuk ke dalam program ini nantinya akan dimanfaatkan untuk melakukan pembangunan daerah yang masih terbelakang, mulai dari fasilitas Pendidikan, kesehatan, perumahan, hingga infrastruktur.

Demikianlah beberapa manfaat dari program tax amnesty kepada masyarakat dan Indonesia sendiri. Sebagai wajib pajak, tentunya Anda wajib mendukung kebijakan ini demi pertumbuhan Indonesia yang lebih baik. Yuk, taat pajak mulai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *