Membangun Desa Indonesia Dengan Strategi Ini

Image result for membangun desaUntuk membangun desa yang mandiri dan sejahtera membutuhkan kerja keras dan strategi yang jitu. Tentu saja hal ini harus dilakukan secara bersama-sama, baik pemerintah mau pun warga desa itu sendiri. Untuk strategi itu sendiri, ada beberapa yang mungkin bisa Anda lakukan, yaitu aspek partisipasif, hingga pembanunan ekonomi. Bila Anda ingin tahu lebih jauh mengenai strategi membangun desa yang baik, simak penjelasannya di bawah ini.

Partisipasif

Salah satu hal mendasar yang paling penting untuk pembangunan desa ialah partisipasif. Pembangunan partisipatif dilakukan sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan. Jadi, setiap orang yang ada di desa harus bisa bekerja sama demi membangun desa menjadi lebih maju dan menjadi daerah yang berkembang. Tanpa adanya gotong royong, semaunya akan sia-sia.

Membangun Sinergitas

Dengan membangun sinergitas antar aktor sebagai kunci pelaksanaan implementasi UU Desa, maka proses membangun desa bisa dilakkan. Perlu ada penguatan koordinasi dan keterlibatan aktif seluruh stakeholder, termasuk Non Government Organization (NGO), dunia usaha, Universitas, dan media. Bila semu sudah bisa bersinergi dengan baik, maka eksekusi perencanaan akan berjalan dengan baik dan hasilnya akan sempurna.

Pembangunan Ekonomi Lokasi Mandiri Berbasis Produksi

Strategi ketiga membangun desa ialah dengan melakukan pembangunan Ekonomi Lokal dan mandiri Berbasis Produksi. Artinya, Total dana yang didapatkan setiap desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur pedesaan. Bila Infrastrukturnya mendukung, maka akan lebih mudah untuk membangun desa menjadi lebih maju.

Partisipasi Mahasiswa

Nah selanjutnya, cara membangun desa selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi. Dengan begitu, para kaum muda yang memiliki ide-ide brilian bisa membuat desa ketinggalan, berubah menjadi desa maju. Atau bahkan mungkin berubah menjadi daerah yang maju. Tentu saja jika hal ini terjadi, Indonsia bisa berkembang dari negara berkembang menjadi negara maju.

Demikianlah beberapa cara membangun desa mungkin bisa Anda lakukan. Kesimpulannya, bila ingin membangun desa, maka setiap orang harus bekerja sama dan saling bahu membahu untuk memperbaiki keadaan desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *