Para Tokoh Dunia yang Mengenakan Batik Indonesia

Baju batik umumnya di pakai ke acara resmi atau bahkan di pakai sebagai pakaian kerja. Namun, bagaimana jika Batik dipakai oleh parah tokoh dunia yang bukan dari Indonesia? Bahkan, mereka memiliki Batik favorit yang biasa mereka gunakan. Simak siapa saja tokoh dunia yang hobi mengenakan Batik Indonesia.

Nelson Mandela

Siapa tidak kenal dengan Nelson Mandela? Mantan presiden Afrika Selatan ini terkenal sebagai revolusioner antiapartheid. Tenyata, Mandela sudah mengenakan Batik sejak lama. Berawal dari kunjungannya ke Indonesia di tahun 1997, presiden Soeharto terkejut melihat presiden Afrika Selatan ini menggunakan Batik khas nusantara.

Tidak hanya mengenakan Batik saat berkunjung ke Indonesia, Mandela juga memlih Batik sebagai pakaiannya saat menghadiri acara formal The Elders di tahun 2007. Selama mengenakannya, Mandela bangga mengenakan Batik.

Barack Obama

Ketika Obama terpilih menjadi presiden Amerika Serikat, seluruh dunia menjadi heboh karena dia menjadi presiden kulit hitam pertama di sepanjang sejarah Amerika. Kehebohannya bukan hanya sampai di sana, masyarakat Indonesia dibuat heboh kembali dengan kenyataan bahwa Obama pernah tinggal di Jakarta.

Di tahun 2011, saat Obama pertama kalinya mengunjungi Indonesia, presiden Amerika Serikat ke-44 ini mengenakan Batik pada acara East Asian Summit Indonesia di Nusa Dua, Bali. Batik khas Bali ini membuat tampilan Obama gagah namun tetap santai.

Vladamir Putin

Selanjutnya, Vladamir Putin adalah tokoh dunia selanjutnya yang pernah mengenakan Batik. Presiden ke-4 Russia ini tertangkap kamera sedang berbatik pada acara Asian-Pacific Economic Cooperation. Putin mengenakan Batik bewarna hijau dengan corak yang cukup simtris. Keputusan Vladamir Putin untuk memakai Batik acara formal dan penting membuktikan bahwa Batik tidak kalah sempurna dengan suits dan jas formal kaum Adam.  

John Kerry

Ternyata bukan hanya presiden Russia, Vladamir Putin yang mengenakan Batik di acara APEC, Mentri Luar Negeri Amerika Serikat ke -68 juga tidak mau kalah untuk tampil dengan Batik. John Kerry mengenakan Batik dengan nuasa ungu yang membuat tampilannya terlihat santai sekaligus berwibawa.

Melihat keadaan di atas, Anda sebagai masyarakat Indonesia sepatutnya bangga dengan Batik. Para tokoh dunia saja mengenakan Batik sebagai pakaian formal mereka, kenapa Anda tidak? Yuk, lestarikan Batik Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *