Peran Pariwisata Bagi Perekonomian Indonesia

perekonomian dalam negeriTidak bisa di pungkiri lagi bahwa keindahan alam Indonesia tidak kalah cantik dengan yang ada di luar negeri. Buktinya, banyak wisatawan asing yang penasaran dengan setiap keindahan alam yang ada di Indonesia. Bali, Raja Ampat, dan Lombok menjadi daerah paling ramai dengan turis, baik mancanegara atau pun lokal. Melihat fenomena ini, tentu saja keindangan Indonesia telah berhasil meningkatkan pariwisata. Sektor wisata ini tentunya juga akan membawa manfaat bagi perekonomian dalam negeri. Banyak hal yang akan menguntungkan Indonesia dengan ramainya industri pariwata. Berikut beberapa dampak positif industri pariwisata Indonesia untuk perekonomian dalam negeri.

1. Sumber devisa untuk negara

Tahukah Anda bahwa dengan menukarkan nilai mata uang asing ke dalam rupiah bisa menyumbangkan devisa untuk negara? Oleh sebab itu, majunya pariwisata Indonesia mampu meningkatkan devisa negara. Kenapa? Karena para turis asing akan dan harus menukarkan mata uang dari negara mereka ke dalam bentuk rupiah. Semakin banyak yang menukarkan mata uang, makan devisa negara semakin meningkat. Untuk itu, bantu tingkatkan perekonomian dengan terus mendukung parwisata Indonesia.

2. Sumber pendapatan untuk masyarakat

Sebuah destinasi wisata yang ramai dkunjungi oleh tursi tentu akan menguntungkan para warga sekitar. Mereka bisa membangun rumah makan dan penginapan untuk para turis, atau menjual beragam kerajinan khas daerah tersebut. Dengan begitu,  warga sekitar akan mendapatkan pendapatan dan menciptakan kesejahteraan serta kemakmuran seiring berkembangnya  pariwisata di daerah tersebut.

3. Membuka lapangan pekerjaan baru

Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, sektor pariwisata mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, industri ini akan mendorong munculnya penginapan di sekitar lokasi wisata, tentu saja sebuah penginapan membutuhkan karyawan, bukan? Mulai dari resepsionis, bellboy, cleaning service, dan segala macamnya. Bukan hanya itu, jasa tour guide juga sangat dibutuhkan oleh para turis. Dengan begitu, kesempatan untuk bekerja sangat terbuka untuk para warga yang berada di sekitar lokasi wisata.

4. Pendorong pembangunan Indonesia

Saat ada destinasi wisata yang ramai di suatu daerah, tentu saja akses menuju lokasi tersebut akan diperhitungkan. Jika aksesnya masih sulit, maka pemerintah harus bergerak cepat untuk membangun sarana dan prasarana demi mendukung industri pariwisata bersangkutan. Dengan akses yang mudah, tentunya akan banyak turis dan investor berdatangan demi menanamkan modal mereka di lokasi wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *