Persiapkan 4 Hal Ini Untuk Pensiun Dini

pensiun diniSebagian besar waktu yang digunakan manusia adalah untuk bekerja tetapi bekerja dapat menimbulkan kejenuhan terutama bagi orang-orang yang bekerja di kantoran. Kerja yang selalu monoton dan itu-itu saja bisa menyebabkan depresi dan stres. Tak heran banyak para pekerja yang melakukan pensiun dini pada usia yang terbilang masih muda dan memilih untuk membuka dan melakukan usaha lainnya. Pensiun dini juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan seperti tidak mengalami stres, lebih banyak waktu luang dan tidak kurang tidur. Namun, untuk melakukan pensiun di usia dini haruslah melakukan persiapan yang harus diperhatikan. Berikut empat hal untuk mempersiapkan pensiun.

1. Target Usia

Ketika mengambil keputusan untuk pensiun, hal pertama yang harus diperhatikan adalah target usia saat pensiun. Misal, Anda ingin pensiun dini di usia 40 atau 45 tahun. Jangan pensiun di usia yang terlalu muda seperti usia 35. Pastikan Anda punya pengalaman yang lama bekerja disebuah perusahaan agar pengalaman tersebut bisa menjadi bekal ketika Anda melakukan usaha baru setelah melakukan pensiun. Langkah awal ini membantu Anda mempersiapkan dengan jelas keuangan atau finansial yang akan dibutuhkan nanti.

2. Mengetahui Kebutuhan dan Biaya Hidup

Hal lainnya yang wajib dilakukan ketika hendak pensiun dini adalah melakukan perencanaan keuangan. Anda harus tahu mengenai kebutuhan Anda setiap harinya dan kebutuhan mendatang. Buatlah sebuah perencanaan uang jangka panjang karena pengeluaran bulanan nantinya tidak akan diambil dari gaji bulanan lagi karena sudah tidak dipasok oleh perusahaan. Mungkin beberapa pengeluaran akan bertambah banyak dan bisa juga berkurang, seperti biaya transport, biaya makan dll. Buatlah target keuangan masa yang akan datang, ini dapat membantu Anda mengatur keuangan dana pensiun dengan sangat baik.

3. Melunasi Semua Cicilan Bulanan

Hal penting lainnya adalah melunasi semua cicilan yang Anda punya. Segeralah melunasi semuanya sebelum mengambil pensiun dini karena nantinya Anda tidak akan memiliki gaji dengan jumlah yang sama dengan ketika Anda bekerja. Mungkin Anda bisa melunasinya dengan dana pensiun yang diterima tetapi hal itu bisa memberatkan juga karena Anda harus memenuhi kebutuhan yang lainnya juga.

4. Menabung Sedini Mungkin

Saat hendak pensiun dini, menabung adalah salah satu jalan untuk menyelamatkan uang Anda. Menabunglah sedini mungkin sebelum Anda pensiun dari gaji bulanan yang diterima. Dengan dana yang ditabung dalam waktu bertahun-tahun akan menyelamatkan Anda dari krisis keuangan di masa mendatang. Anda juga bisa melakukan investasi dengan dana yang ditabung agar penghasilan Anda bertambah saat pensiun nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *