Sudahkah Anda Mencicipi Kudapan Wonogiri Ini?

Pernahkan Anda mengunjungi Wonogiri? Kabupaten yang terletak di bagian tenggara Jawa Tengah ini memiliki daya tarik wisata yang tak kalah dengan daerah tetangga seperti Yogyakarta dan Solo. Wonogiri memiliki Pantai Nampu yang elok, serta merupakan rumah bagi beberapa situs sejarah menarik. Tentu saja, daya tarik kabupaten ini bukan hanya sekadar pemandangannya saja, tetapi juga beberapa kudapan Wonogiri yang siap menggoyang lidah Anda. Bila Anda berniat mengunjungi daerah ini, maka jangan lupa untuk mencicipi empat makanan khasnya di bawah ini.

Pindang Petis Kambing

Jika di daerah lain menu pindang menggunakan bahan dasar ikan, maka di Wonogiri menggunakan daging kambing. Selain dibuat dengan daging kambing, pindang wonogiri juga tidak berkuah. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan bau prengus dari dagingnya, karena akan diolah bersama beragam bumbu dan rempah yang memperlezat cita rasa daging kambing. Uniknya, kudapan Wonogiri ini, dihidangkan dengan beralas daun jati. Tentu saja penyajian ini dimaksudkan untuk menambah kenikmatan dari kudapn itu sendiri.

Pecel Mie

Bukan hanya di Wonogiri, beberapa daerah lain juga memiliki kudapan pecel daerahnya masing-masing. Namun, yang membuat unik Kudapan Wonogiri ini ialah pecelnya disajikan dengan mie pentil. Mie tersebut merupakan mie unik terbuat dari tepung ketela pohon, ukurannya lebih besar dan teksturnya lebih kenyal dibandingkan dengan jenis mie lainnya. Saat proses pembuatan, adonan mie diberi kunyit sehingga warnanya kuning menarik mata. Sayuran yang dipakai dalam pecel mie pentil biasanya daun pepaya dan kecambah lamtoro yang ditata bersama, lalu dituangi sambal pecel. Jika Anda ingin mencicipinya, mungkin Anda bisa mengunjungi beberapa kios lesehanan di sekitar Pasar Kota Wonogiri.

Nasi Tiwul

Sudahkah Anda mencoba nasi tiwul? Nasi tiwul merupakan kudapan Wonogiri yang terbuat dari tepung gaplek, yaitu salah satu tepung yang terbuat dari singkong. Cita rasanya manis dan warnanya coklat cantik. Biasanya hidangan ini dinikmati sebagai sarapan meskipun cocok juga dimakan sehari-hari. Sego tiwul paling cocok dinikmati bersama aneka lauk gorengan, sayur lombok ijo, urap, atau sambal cabuk. Perpaduan legit nasi dengan gurihnya lauk tentu menghasilkan cita rasa yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *