Tips Memilih Pinjaman Uang Untuk Modal Bisnis

Image result for pay verbModal uang menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan seseorang saat hendak memulai usaha baru. Sayangnya, hal tersebut jugalah yang kerap menjadi penghambat karena tidak semua orang memiliki budget yang cukup. Permasalahan ini bisa terpecahkan dengan mudah jika Anda melakukan pijaman uang ke bank untuk modal usaha. Beragam produk pinjaman yang ditujukan bagi para pebisnis tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Jadi Anda harus memperhatikan baik-baik sebelum mengajukan pinjaman uang. Berikut beberapa tipsnya untuk Anda.

Jangka Waktu

Produk pinjaman uang umumnya dibedakan berdasarkan jangka waktu. Ada pinjaman jangka pendek, yang diberikan kepada usaha dengan waktu kurang dari setahun dan pinjaman jangka menengah, yang diberikan dengan waktu 1-3 tahun. Jadi, sesuaikan jenis pinjaman Anda terlebih dahulu, ya. Bila Anda sudah tahu berapa lama Anda akan mengembalikan pinjaman uang ke instansi keuangan terkait, seperti bank atau pegadaian. Namun, akan lebih baik jika Anda mengambil pinjaman jangka pendek, agar masa pengembaliannya pun lebih cepat.

Penggunaan

Pinjaman uang juga dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu konsumtif dan komersil. Pinjaman untuk modal bisnis termasuk bersifat komersil, yakni pinjaman yang digunakan untuk membiayai suatu usaha. Pinjaman komersil masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah kredit mikro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah atau kredit korporasi. Nah, setelah mengetahui ini, Anda bisa menyesuaikan jenis usaha Anda agar pinjamannya sesuai.

Keperluan Usaha

Usaha yang Anda dirikan pasti membutuhkan banyak keperluan, misalnya mesin, kantor, dan lain sebagainya. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengajukan pinjaman yang didasarkan pada keperluan usaha, yaitu kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit pembiayaan proyek. Untuk memenuhi ini semua, Anda membutuhkan pinjaman uang sebagai modal untuk membeli perlengkapan dan peralatan ini.

Penarikan dan Pelunasan

Berdasarkan sifat penarikannya, pinjaman uang dapat dibedakan menjadi kredit langsung dan kredit tidak langsung. Kredit langsung adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada lembaga pemerintah atau semi pemerintah. Sementara itu, pinjaman bank dan pinjaman FinTech berdasarkan sifat pelunasan terbagi menjadi dua, yakni kredit yang dibayarkan sekaligus saat jatuh tempo atau kredit yang pelunasannya dilakukan dengan menerapkan sistem cicilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *