Tips Sukses Ekspor Batik ke Luar Negeri

Bukan hhal asing lagi jika Batik Nusantara diminati dan dicintai oleh masyarakat mancanegara. Untuk orang-orang asing yang tinggal di Indonesia, mendapatkan Batik tentunya cukup mudah. Namun, untuk orang-orang yang berada di luar Indonesia, tentunya sedikit susah untuk menemukannya. Oleh sebab itu, melakukan ekspor Batik ke luar negeri bisa menjadi solusinya.

Selain menjadi ajang melestarikan dan mengenalkan Batik Indonesia ke luar negeri, melakukan ekspor Batik membantu para pengusaha untuk melebarkan sayap bisnis mereka. Tetapi, bagaimana cara melakukannya? Simak informasinya berikut ini.  

Tingkatkan kualitas

Untuk mampu bersaing dengan produk lain, para pengusaha harus meningkatkan kualitas produk mereka. Pastikan produk Anda memenuhi kualitas standar nasional dan internasional. Meski pun sulit untuk mendapatkan klaim Standar Nasional Indonesia, ini merupakan jalan pembuka untuk mulai melakukan ekspor Batik ke manca negara.

Riset negara tujuan ekspor

Sebelum melakukan aksi ekspor Batik, sebaiknya Anda melakukan riset pasar negara tujuan terlebih dahulu. Lakukan riset pada negara yang menjadi target ekspor Anda, dimulai dari tingkat kebutuhan masyarakat terhadap produk yang akan Anda jual. Semakin tinggi angka kebutuhan mereka, maka semakin lebar peluang Anda untuk mendapatkan keutungan dari ekspor Batik.

Pilih dan tentukan sistem pembayaran

Setelah sukses dan selesai melakukan riset, tentukan metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda. Perbedaan mata uang negara tujuan Anda juga harus menjadi pertimbangan. Jika jumlah pembayarannya masih dalam skala kecil, sistem transfer masih efektif untuk digunakan. Sementara, jika sudah masuk dalam jumlah besar, ada baiknya Anda menggunakan Letter of Credit untuk memudahkan mengatur transaksi Anda.

Seleksi perusahaan pengiriman

Kunci sukses ekspor Batik yang Anda lakukan sukses adalah barang sampai dengan selamat ke tangan pembeli. Oleh sebab itu, Anda harus cermat dalam memilih perusahaan ekspedisi yang akan menjadi partner Anda untuk mengirim barang. Jika jumlah barang yang harus di kirim masih dalam jumlah sedikit, menggunakan jasa ekspedisi umum seperi Pos bisa dilakukan. Namun, untuk menghemat biaya pengiriman dalam skala besar, pengiriman menggunakan kapal laut akan bisa menghemat biaya pengiriman.

Siapkan dokumen yang diperlukan

Berbisnis di negeri sendiri saja membutuhkan izin, apa lagi berbisnis di negeri orang? Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen legalitas untuk keperluan ekspor Batik Anda. Dokumen seperti NPWP, Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdangan, dan lainnya menjadi dokumen yang diperlukan. Surat penyataan mutu, polis asuransi, surat keterangan asal, pemberitahuan ekspor dan faktur dagang juga jangan sampai terlewatkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *