Trik Menabung yang Perlu Kamu Ketahui

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Anda mungkin ingin menyisihkan uang sebagai tabungan hari depan atau keperluan lebih penting di masa mendatang, tetapi yang terjadi justru semua penghasilan hampir selalu habis untuk dikonsumsi.

Anehnya, saat Anda menilai penghasilan yang didapat semakin besar, tabungan Anda justru tidak ikut bertambah. Malah gaya hidup semakin boros hingga akhirnya kenaikan penghasilan tidak berpengaruh terhadap persiapan Anda dalam menghadapi kebutuhan di masa mendatang.

Menabung atau menyisihkan uang berarti, Anda mampu menyisihkan sebagian pendapatan dan membiarkannya sebagai tabungan, tidak memakainya untuk kebutuhan lain. Sekilas terlihat mudah tapi ternyata susah.

Tapi jangan khawatir, Anda hanya perlu menerapkan beberapa trik menabung ini :

1.Membuat sistem otomatis

Supaya bisa menabung, Anda perlu membangun sistem penabungan otomatis. Trik menabung ini cukup mudah. Di rekening penerimaan gaji atau pendapatan, Anda bisa mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan.

Hampir semua produk bank memiliki fitur otomatis ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk melewatkan kewajiban menabung ini. Misalnya, Anda mendapatkan gaji tanggal 1 setiap bulan. Atur saja autodebet setiap tanggal 3 ke rekening tabungan atau investasi Anda.

2.Sembunyikan uang Anda

Trik menabung lainnya adalah jangan biarkan Anda ingat bahwa Anda memiliki uang tersebut. Sembunyikan di sebuah tempat yang sulit kamu ingat.

Sembunyikan berarti tempatkan di sebuah tempat yang tidak mudah diambil lagi. Misal, rekening penerimaan gaji atau pendapatan Anda adalah di rekening bank ABC, maka itu Anda perlu membuka rekening lagi di bank lain untuk menempatkan dana khusus tabungan.

Akan lebih baik lagi jika rekening khusus tabungan ini tidak memiliki kartu debit atau ATM. Anggap saja ini uang lupa walau bukan berarti benar-benar melupakan uangnya. Dengan demikian, Anda sulit tergoda untuk mengambil tabungan ini untuk keperluan yang tidak jelas.

3.Berilah nama setiap tabungan

Trik menabung berikutnya, coba beri nama untuk setiap tabungan yang Anda sisihkan. Ini akan membantu Anda secara psikologis menandai tujuan awal penyisihan uang tersebut.

Dengan memberi nama, paling tidak anda akan berpikir duakali saat tergoda hendak mengambil atau mencairkan tabungan tersebut, Yakin mau mengambil uang persiapan sekolah anak?

4. Rubah Menjadi aset riil

Beberapa orang mengaku sangat sulit melihat uang “menganggur” di rekening. Akhirnya, uang yang semula berniat disisihkan ikut terpakai. Bila demikian, sampai kapanpun Anda akan merasa kesulitan memiliki tabungan yang cukup.

Supaya tidak mudah membelanjakan uang yang seharusnya Anda sisihkan, mulai sekarang Anda bisa mengubah uang yang ditabung tersebut menjadi aset riil. Contohnya, emas. Sekarang sudah cukup banyak produk tabungan emas yang bisa Anda jadikan asset riil.

Anggaplah setiap bulan Anda bisa menyisihkan Rp 1 juta. Nah, Anda bisa langsung menjadikan uang senilai itu membeli emas batangan.

Selain bisa membantu menangkal inflasi, trik menabung dengan mengubah uang menjadi emas juga memperkecil kemungkinan Anda langsung memakainya untuk belanja.

Apabila tabungan anda sudah dalam wujud emas, paling tidak Anda perlu usaha lebih bila ingin mencairkannya menjadi uang.

Demikian trik menabung yang bisa Anda praktekkan. Semoga informasi tentang trik menabung yang didapatkan bisa mempermudah Anda dalam menabung demi menjamin kehidupan anda di hari tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *