Yuk, Cicipi Hidangan Jawa Tengah Populer Ini!

Membahas makanan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, negeri yang berbentuk kepulauan ini memiliki segudang resep masakan lezat yang tidak akan pernah habis dibahas satu-satu. Di artikel ini, Anda akan mendapaktakn informasi mengenai hidangan Jawa Tengah yang populer dan tidak bisa Anda lewatkan untuk dicicipi. Kira-kira apa saja makanan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Tempe Mendoan

Mendoan adalah salah makanan khas Jawa Tengah daerah Banyumas. Banyumas yang terkenal dengan wisata alam Baturaden dan juga mendoan. Mendoan dibuat dari tempe yang cukup lebar, kemudian dilumuri dengan tepung yang sudah dicampuri bumbu khas, lalu digoreng tidak sampai kering atau mendo. Bila Anda tidak suka gorengan tempe yang terlalu kering, maka hidangan Jawa Tengah ini bisa menjadi alternatif Anda. Untuk menambha kenikmatannya, jangan lupa menyantap mendoan dengan bumbu kecap pedas atau cabai rawit segar.

Brekecek

Dari namanya, mungkin Anda berpikir bahwa tampilan dari hidangan Jawa Tengah ini akan aneh.  Padahal, jika Anda sudah mencobanya, dijamin Anda akan ketagihan dan akan selalu minta nambah. Brekecek adalah makanan khas Jawa Tengah, tepatnya di daerah Cilacap. Daerah ini terkenal dengan Teluk Penyu dan Nusakambangan memang terkenal dengan hasil lautnya. Brekecek itu sendiri pun dibuat dari bahan utama yaitu ikan pathak atau ikan jahan. Rasa dari kudapan ini mirip dengan rica-rica. Jika Anda suka pedas, maka kudapan ini sangat cocok untuk Anda cicipi.

Sroto Purbalingga

Ketika Anda membaca namanya, pasti Anda sudah tahu dari mana makanan ini berasal. Sroto sebutan daerah Purbalingga untuk Soto. Kudapn ini menjadi satu yang terlaris karena memiliki cita rasa tersendiri dibandingkan dengan hidangan Jawa Tengah yang lain. Satu ciri khas sroto Purbalingga adalah taburan kacang dan kerupuk putihnya yang mampu menambah cita rasa dan selera orang yang menyantapnya. Dari sekian banyak jenis Sroto, ada satu jenis Sroto Purbalingga paling terkenal adalah Sroto Kriyik. Mungkin, jika Anda menyukai hidangan jenis soto, hidangan ini bisa Anda santap saat mengunjungi Purbalingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *