Yuk, Cicipi Santapan Spesial Semarang di Bawah Ini!

Semarang masuk ke dalam jajaran lima kota besar di Indonesia. Semarang pun mempunyai beberapa julukan, seperti Venetie van Java, Kota Atlas, The Port of Java, Semarang Pesona Asia, hingga Kota Lumpia. Kota Lumpia menjadi julukan yang menunjuk kota Semarang karena di kota dengan dominasi penduduk dari suku Jawa tersebut terdapat makanan khas berupa lumpia. Meskipun lumpia sendiri bukan makanan khas Indonesia, namun akibat alkulturasi budaya Jawa dan Cina, maka terciptalah kuliner ini.

Selain lumpia, Anda jyga beberapa santapan spesial Semarang yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Kira-kira apa saja, itu? Simak informasinya di artikel ini.

Tahu Gimbal

Dari namanya saja, orang sudah dibuat penasaran oleh wujud dari santapan spesial Semarang yang satu ini. Makanan ini memang agak mirip dengan ketoprak khas Jakarta, namun bedanya adalah santapan spesial Semarang ini menggunakan bumbu kacang yang disajikan dengan cara disiramkan ke makanan. Selain itu, adanya gimbal dan petis membuatnya agak berbeda. Rasanya yang gurih dan rasa bumbu kacang yang sangat terasa menjadi daya tarik bagi para konsumen. Oleh sebab itu, makanan ini tidak boleh Anda lewatkan untuk dicicipi, ya!

Nasi Goreng Babat Gongso

Jangan pikir jika nasi goreng ini mirip dengan model pada umumnya, karena di atasnya ditambahkan potongan babat yang digoreng sebelumnya. Selain babat sebagai lauk tambahan, masih ada varian lain untuk ditambah dengan nasi yang digoreng ini, misalnya ada limpa, iso, dan paru rebus. Semuanya ditaruh di baskom, jadi kalian bisa memesannya, bahkan tak harus selalu babat yang dipilih, bisa campuran dari menu di atas, atau hanya satuannya saja. Selain nasi goreng babat gongso, ada juga babat gongsonya saja, alias tanpa gorengan nasi. Sudah bisa membayangkan bagimana rasanya?

Gudangan

Gudangan merupakan urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gudangan yang sebenarnya hanyalah parutan kelapa berbumbu bawang merah dan putih, cabai merah, dan jeruk purut. Sepintas memang terlihat mirip dengan urap. Bedanya, bumbu santapan spesial Semarang ini terbuat dari bawang merah dan bawang putih, cabai merah, parutan daging kelapa muda, kencur, jeruk purut, dan garam. Menu ini paling nikmat disantap bersama dengan nasi hangat dan ditambah dengan potongan telur rebus, rempeyek, hingga ikan gereh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *